Minggu, 08 Maret 2015

Belajar Keyboard Dvorak

Dvorak merupakan susunan keyboard yang di temukan oleh Dr. August Dvorak bersama saudara iparnya Dr. William Dealey dan dipatenkan pada tahun 1936. Pendukung dvorak mengklaim bahwa susunan Dvorak membutuhkan pergerakan/movement jari-jari yang lebih sedikit, meningkatkan kecepatan mengetik dan mengurangi kesalahan dalam mengetik dibandingkan dengan keyboard standard QWERTY.

Malah, dvorak kabarnya membuat jari kita lebih sehat, karena layout keyboard ini memaksa kita menggerakan seluruh jari, berbeda dengan Qwerty yang terkadang ada huruf-huruf yang sulit kita tekan karena posisinya yang sulit untuk dijangkau.

Saya sendiri sudah belajar mengetik menggunakan Dvorak selama 2 bulan dan Alhamdulillahnya saya sudah bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari dan tanpa melihat hingga sekarang saya masih menggunakannya, termasuk un
tuk menulis artikel ini.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mulai belajar Dvorak?
Tentu saja keyboard Dvorak,dan usaha. Loh tapi layout keyboard saat ini kan Qwerty,gimana cara mengubahnya ke layout Dvorak?

ikuti cara berikut
Buka control panel dan pada bagian Clock, language, and region pilih Change input method
pada bagian bahasa pilih Options 
Klik Add Input Method pilih United States-Dvorak kemudian Add dan Save
untuk mengganti layout keyboard cukup dengan menekan CTRL+SHIFT atau WINDOWS+SPACE

Lalu gimana dengan keyboard fisiknya? kalian juga bisa mengubahnya tetapi lebih baik tidak dirubah agar kalian bisa lebih cepat menguasai keyboard.

apa yang harus pertama saya pelajari? tentu saja menghafal susunan huruf pada keyboard ini terlebih dahulu.
kemudian mulailah belajar dari posisi home row,jika pada Qwerty home row nya yaitu ASDF JKL; maka pada Dvorak posisi home row nya adalah AOEU HTNS

untuk lebih langkapnya kalian bisa belajar di website berikut,
http://learn.dvorak.nl/
https://www.typing.com/tutor/lesson/index/id/6/



3 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com